Bagaimana Cara Menulis Artikel Yang Menarik?


Pada postingan terdahulu saya janji akan memberikan cara menulis artikel yang menarik bagi blog anda. Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang jenis postingan yang sering dicari orang.

Nah, saat ini, saya penuhi janji saya, karena janji adalah hutang.

Menulis artikel untuk blog sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menulis artikel di majalah atau surat kabar. Anda menulis artikel agar bisa dibaca oleh orang lain, bukan? Namun bedanya, di blog anda bisa menulis dengan bahasa santai dan sangat-sangat santai.

Penasaran bukan?

Saya akan berikan cara-cara untuk menulis artikel yang menarik berdasarkan pengalaman saya pribadi. Mau tahu? Berikut beberapa metode saya untuk menulis artikel yang menarik tersebut.

  1. Pendahuluan.Hah pendahuluan? Kayak pidato saja. Mungkin anda berpikiran seperti itu, namun untuk menulis artikel yang menarik maka hal pertama yang anda harus anda perhatikan ialah membuat pendahuluan (intro). Contohnya seperti menulis sebuah judul yang padat, singkat, dan menarik. Bagaimana cara membuat pendahuluan yang menarik itu? Kita akan bahas lain kali.
  2. Isi.Nah…setelah anda menulis intronya dengan baik, maka langkah selanjutnya ialah tulislah inti dari artikel anda. Kebanyakan blogger diluar sana ialah mereka langsung menulis dari inti artikelnya tanpa ada intro. Lebih baik anda menulis intronya terlebih dahulu agar pengunjung lebih merasa penasaran. Bagaimana cara membuat isi artikel yang menarik juga kita akan bahas lain kali.
  3. Penutup.Langkah terakhir untuk menulis artikel yang menarik ialah dengan menutupnya. Maksudnya bagaimana? Maksud saya setelah anda menulis inti artikel anda, maka anda harus menutupnya dengan sebuah kesimpulan. Dan kalau bisa ajaklah pengunjung agar memberikan komentar atas artikel yang anda tulis. Untuk lebih detilnya juga akan kita bahas lain kali.

Bagaimana contoh artikel yang mencakup ke-3 hal diatas? Contohnya bisa anda baca pada artikel ini.

Nah…mungkin ke-3 hal diatas adalah metode saya untuk membuat artikel yang menarik. Dan tentu saja cara menulis artikel yang menarik ini merupakan versi saya pribadi. So, apakah anda sependapat dengan saya?

Saya tunggu komentar anda.?

Leave a Reply

